Kamis, 01 November 2012

Apa si itu Yogurt? dan Apa Saja Jenis Yogurt?

Tidak banyak orang tau tentang yogurt, padahal sekarang kita sering menjumpai yogurt di swalayan, pedagang kaki lima bahkan tak sedikit yogurt di jual oleh pedagang keliling. Sekarangpun terdapat bermacam-macam aneka rasa dan olahannya. Ada yang berupa yogurt asli, yogurt dengan aneka rasa buah, ada es krim rasa yogurt pula. Mari kita intip apa itu yogurt dan ada berapa macam jenis-jenis yogurt?

Yogurt atau Yoghurt yaitu hasil dari susu yang difermentasikan dengan bakeri baik. Fermentasi laktosa (gula susu) menghasilkan asam laktat yang berguna dalam protein susu menjadikan susu berubah seperti gel dan bahkan menghasilkan bau yang khas inilah yang disebut yogurt.

Yogurt dapat dibuat dengan berbagai macam susu, tidak hanya susu sapi tapi yogurt juga dapat dibuat dengan susu kambing, kerbau dan juga susu kedelai. Untuk orang yang mempunyai alergi susu ga perlu kawatir jika ingin mengkonsumsi yogurt karena di dalam yogurt struktur laktosa sudah rusak.Di dalam yogurt juga mengandung banyak nutrisi yang sangat diperlukan tubuh, diantaranya yogurt mengandung banyak protein, vitamin B, kalsium, dan mineral penting lainnya.

Yogurt pun memiliki berbagai macam jenis, ini adalah jenis-jenis yogurt dari berbagai negara belahan dunia:

  • Yogurt Dahi adalah yogurt dari subkontinen India  (Banglades, India, Pakistan) yang sering disebut "curd" untuk istilah Inggris.
  • Dadiah atau Dadih adalah yogurt yang di fermentasikan dalam tabung bambu, terbuat dari susu kerbau yang merupakan yogurt tradisional dari Sumatra Barat.
  • Yogurt Bulgarian adalah yogurt yang sering dijumpai di Bulgaria dan Macedonia. Yogurt Bulgaria mempunyai ciri yang berbeda dengan yogurt yang lainnya karena tidak mengandung bakteri hidup, juga yogurt Bulgarian teksturnya pun lebih creamy, kaya dan lembut pada rasanya, ini disebabkan adanya peningkatan lemak didalam yogurt. Yogurt Bulgarian disaring dengan cara menggantungkannya pada pakaian untuk semalaman bertujuan mengurangi kadar air sehingga yogurt yang dihasilkan menyerupai keju krim.
  • Yogurt Labneh adalah yogurt yang berasal dari Lebanon yang sering di gunakan sandwich karena yogurt ini telah dipadatkan.
  • Lassi adalah minuman bebasis yogurt yang biasanya berasa asin dan manis.
  • Kefir adalah minuman susu yang difermentasi.

Jika anda sudah membaca artikel diatas, maka tidak perlu bertanya-tanya lagi tentang yogurt karena sekarang kita sudah tau dan bisa membayangkan apa si itu yogurt. Dan karena yogurt sangat baik untuk kesehatan kita tidak ada salahnya kita mencoba mencicipinya.

Semoga artikel saya bermanfaat dan menambah wawasan anda....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar