Senin, 05 November 2012

Makna, Manfaat, Sabar serta Tips atau Cara Agar Menjadi Orang Sabar


Setiap orang hidup di dunia ini pasti mempunyai masalah entah masalah dengan keluarga atau dengan tetangga, bahkan ta jarang orang mengalami cobaan yang berat dari sang khalik. Obat agar kita dapat mengobati dan tetap teguh dalam menghadapi semua itu hanya dengan "sabar".


Makna, Manfaat, Sabar

Setiap saat kesabaran saya pun selalu diuji, belum lama-lama ini saya dituduh oleh tetangga dekat saya dengan mengatakan kalo saya menambah-menambah kata sehingga tetangga saya dibenci sama anaknya, padahal hal itu tidak pernah saya lakukan, seketika itu saya sangat emosi dan bahkan jika saya bertemu dengan orang itu pun saya kadang masih merasa marah. Tapi batin saya berkata "sabar-sabar". Untuk meluapakan kekesalan saya dan juga biar hati dan pikiran saya tenang maka saya membuat artikel tentang sabar. Diharapkan setiap kali saya sedang marah saya mempunyai pondasi yang lebih kuat untuk tetap bersabar.

Apakah sabar itu?

 

Sabar merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab yang sudah diadopsi kedalam bahasa Indonesia yaitu "shabara" yang artinya mencegah atau menahan.
Sedangkan dari istilahnya sabar berarti menahan diri dari sifat kegundahan dan rasa emosi, setelah itu menahan lisan dari keluh kesah serta menahan diri dari perbuatan yang tidak terarah yang hanya berdasar pada emosi.

Manfaat Sabar. 

 

Sabar salah satu sifat yang terpuji dan tidak gampang untuk  kita selalu sabar, padahal dengan kesabaran, kita akan mendapat manfaat yang amat banyak, diantaranya yaitu:
  • Dengan kesabaran jiwa seseorang akan tenang dan tidak akan goyah saat kita mendapat cobaan.
  • Orang yang sabar akan lebih berhati-hati dalam menghadapi masalah hidup.
  • Dengan bersabar juga dapat membuat seseorang tetap semangat dalam menghadapi masalah-masalah hidup. Sabar juga merupakan ukuran iman dan taqwa seseorang.

Tips atau cara agar kita selalu sabar

 

Berikut ini adalah beberapa tips atau cara agar kita bisa selalu sabar:
  • Mengetahui bahwa hidup di dunia t lepas dari kesusahan
  •  Jika kita melakukan sesuatu dengan keadaan marah jangan menuruti hawa nafsu.
  •  Memahami bahwa orang yang sabar akan mendapat kebaikan dari Alloh SWT diantaranya akan mendapatkan pertolongan dari Alloh karena dalam firmanNya: "Dan Alloh SWT bersama dengan orang-orang yang sabar" (QS.2:249), mendapat sholawat, rahmat, dan petunjuk dari Alloh
  • Yakin dan percaya dengan kita bersabar akan mendapat pemecahan dan kemudahan
  • Berusahalah agar kita selalu tersenyum karena obat hati yang paling mujarab ialah dengan tersenyum karena senyum itu menular dan membuat hati gembira.
  • Mengalihkan perhatian, sebuah masalah kadang membuat kita stres, tidak bisa tidur, tidak enak makan, agar kita terhindar dari itu semua segeralah melakukan kegiatan yang kita sukai atau berekreasilah.
  • Berempati atau merasakan apa yang orang lain rasakan, hal itu akan menumbuhkan rasa sukur kita bahwa ternyata kita lebih beruntung dari yang orang lain alami.
Bersabarlah, karena dengan bersabar kita akan menjadi orang yang beruntung dan tentu kita akan mendapat banyak teman.

4 komentar:

  1. Cari TiketPesawat Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memilikipotensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI HUBUNGI:
    No handphone :085365566333
    PIN :5A298D36

    Segera Mendaftar Sebelum Terlambat. !!!

    BalasHapus
  2. kak, izin meneruskan postingan ini. terimakasih.

    BalasHapus